Senin, Maret 18Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

Tingkatkan SDM Desa, Komisi I DPRD Bandung Barat Studi Komprasi ke Sumedang

Kabid Pemdes Nuryadin, Ketua Komisi I DPRD Sumedang Jajang Heyana, Wakil Ketua DPRD Sumedang Edi Askari dan Ketua Komisi I DPRD Bandung Barat H Inen Sutisna, pada kunjungan studi komprasi pemerintahan desa, di Ruang Paripurna DPRD Sumedang, Kamis. humas/dprd sumedang

DPRD SUMEDANG – Komisi I DPRD Kabupaten Bandung Barat mengunjungi Kabupaten Sumedang dalam rangka studi komprasi terkait pemerintahan desa, Kamis (21/2/2019).

Ketua Komisi I DPRD Bandung Barat H Inen Sutisna mengatakan, kunjungan yang diterima Wakil Ketua DPRD Sumedang Edi Askari, Ketua Komisi I DPRD Jajang Heryana beserta anggota dan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumedang Nuryadin, di Ruang Paripurna itu bertujuan untuk menggali berbagai informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan desa seiring terbitnya undang-undang tentang desa yang baru.

Sharing saja tentang undang-undang desa, mengingat ketika digelontorlan dana dari pemerintah pusat sumber daya manusia (SDM) di desa itu diperkirakan masih belum siap. Makanya, kerap terjadi misalkan pajak belum dibayar. Ketika kami kroscek ke desa yang lebih tua umurnya ternyata sama seperti itu,” ujarnya.

TANYA jawab seputar pemerintahan desa antara Komisi I DPRD Bandung Barat-Sumedang, Kamis. humas/dprd sumedang

Inen mengungkapkan, pihaknya memilih Sumedang sebagai tujuan kunjungan mengenai hal tersebut dikarenakan umur Kabupaten Sumedang sudah cukup tua dibanding dengan Bandung Barat. Inen mengatakan, cukup banyak informasi yang didapatkan dari kegiatan tersebut di Kota Tahu.

“Ke Sumedang karena umurnya sudah lama, sedangkan Bandung Barat baru 13 tahun. Ada yang didapat, seperti tentang pungutan-pungutan oleh desa harus ada peraturan desanya untuk agar pendapatan asli desa meningkat. Harapannya, ke depan dengan berbagai pelatihan bimbingan teknis dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD Bandung Barat), administrasi di desa jadi lebih baik,” ungkapnya. humas dprd