Kamis, Agustus 22Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

Setwan Sumedang Ikuti Bimtek Pengelola Data Statistik Daerah

SEJUMLAH SKPD mengikuti Bimtek di Diskipas Sumedang. humpro/dprd sumedang

SEKRETARIAT DPRD SUMEDANG — Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah dan kecamatan di Wilayah Pemerintahan Kabupaten Sumedang, mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Teknis Pengelola Data Statistik Daerah, yang diselenggarakan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sumedang, di Aula Diskipas, Kamis (18/7/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Diskipas Sumedang DR. Iwa Kuswaeri dan Kepala Bidang Statistik Komar S.E, M.E.

Materi pelatihan disampaikan Kepala Seksi Statistik Produksi Badan Pusat Statistik Sumedang Mochamad Ilham S.T, M.M dan Perencana Muda Bappppeda Sumedang Nugrahana F. Ruhyana.

Kepala Bidang Statistik Komar menuturkan, kegiatan tersebut memiliki tujuan memberikan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman kepada para pengelola data di seluruh perangkat daerah baik ditingkat kabupaten atau kecamatan dalam pengelola data statistik.

Kemudian, meningkatkan keterampilan teknis dalam menggunakan peralatan teknologi atau metode sistem informasi pengelolaan data statistik.

Dan, agar terwujudnya ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah untuk diakses oleh pengguna data.

Komar mengungkapkan statistik stektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu, yang merupakan tugas pokok intansi yang bersangkutan.

“Maka yang akan kita peroleh dari data statistik stektoral adalah untuk mengetahui kecenderungan atau tren yang akan terjadi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Kemudian, kata Komar, menentukan prioritas sebagai acuan dalam rangka evaluasi dan pengendalian kegiatan pembangunan itu adalah salah satu manfaat dari data.

“Untuk meningkatkan kesediaan data, prioritas, dan kemudahan akses data salah satunya dapat dilakukan dalam penerapan teknologi informasi, apalagi di era digital saat ini,” katanya.

Adapun dasar pelaksaannya tertuang dalam sejumlah peraturan, yaitu, UU 16/1997 tentang Statistik, PP 51/1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, Perpres 39/2019 tentang Satu Data Indonesia dan Perbup Sumedang 69/2018 tentang Penjabaran APBD di Kabupaten Sumedang. humas dan protokol