Minggu, September 15Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

Komisi III: Puskesmas di Sumedang Butuh Pembenahan

KUNJUNGAN fungsi pengawasan Komisi III ke Puskesmas Paseh, Selasa. humpro/dprd sumedang

DPRD SUMEDANG – Komisi III DPRD Kabupaten Sumedang melaksanakan kunjungan fungsi pengawasan ke Puskesmas Paseh terkait Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD), Selasa (2/7/2019).

Ketua Komisi III dr. Iwan Nugraha mengungkapkan, dari sekian banyak puskesmas yang ada di Sumedang di antaranya masih memerlukan pembenahan. Mulai dari sarana dan prasarana infrastruktur bangunan, ketersediaan tenaga ahli medis dan masih banyak lainnya.

“Saya berharap pada 2019 ini, semuanya dapat dibenahi, termasuk kepesertaan BPJS sudah 100% dan akreditasi selesai semua. Sehingga semua puskesmas sudah mulai running (berjalan cepat),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Paseh Udus Kusnadi S.KM menuturkan, terdapat beberapa permasalah pokok yang terjadi di puskesmas tersebut, di antaranya, lokasi puskesas yang tidak strategis sehingga harus dipindahkan, sumber daya manusia (SDM) yang belum lengkap.

Menurutnya, dokter yang seharusnya ada tiga orang, hanya ada satu orang, sementara untuk dokter gigi hanya bersifat kunjungan saja.

“Tempatnya tidak stragis sehingga ingin adanya pemindahan, tidak ada rekamedis perawat, pengadaan barang dan jasa, dokter gigi dan analis. Sarana dan prasarana ambulan yang sudah tidak layak pakai karena sering mogok,” tuturnya.

Kemudian, kata Udus, idealnya tiap puskemas memiliki satu laboratorium yang lengkap. Namun saat ini lab yangada belum memiliki peralatan yang lengkap. Pihaknya juga mengharapkan ada perbaikan infrastruktur puskesmas pembantu,

“Terdapat tiga pustu, yaitu, Bongkok yang operasional berjalan baik, Padanaan dan Cijambe. Pelayanan baik tenaga medis ada tapi dari sisi bangunan kurang baik. Posyandu 50, poskesdes 10 desa, polindes 3. Dan kepesertaan 12.000 peserta BPJS di Paseh,” ungkapnya. humpro dprd