Senin, Maret 18Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

Komisi III DPRD Sumedang Tinjau Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di PT Karina

JAJARAN Komisi III pada kunjungan lapanagan ke PT Karina, Jumat. humas/dprd sumedang

DPRD SUMEDANG – Komisi III DPRD Kabupaten Sumedang melaksanakan pengawasan lapangan ke PT Kaldu Sari Nabati Indonesia (PT Karina) yang berlokasi di Jalan Bandung-Garut tepatnya di Kawasan Sukadana, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jumat (22/2/2019).

Ketua Komisi III dr. H. Iwan Nugraha mengatakan, tujuan kunjungan tersebut adalah guna mengetahui informasi terkait ketenagakerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang makanan ringan tersebut. Mulai dari penyerapan tenaga kerja, kesejahteraan karyawan sampai pelaksanaan teknis perusahaan seperti keamanan dan keselamatan kerja.

“Ini pengawasan DPRD di bidang ketenagakerjaan. Terutama menyerap informasi di lapangan terkait ketenagakerjaan,” ujarnya.

Iwan menuturkan, pihaknya juga ingin memastikan, sejauh mana kontribusi perusahaan di bidang makanan ringan tersebut dalam membantu pemerintah menanggulangi permasalahan pengangguran di Sumedang.

“Kami juga ingin mengetahui sejauh mana perusahaan dalam membantu mengurangi angka pengangguran di Sumedang,” ungkapnya.

DIALOG Anggota Komisi III-PT Karina, Jumat. humas/dprd sumedang

Anggota Komisi III lainnya Willy Jordan Sumardi menuturkan, pihaknya berharap keberadaab PT Karina dapat terus membantu pemerintah dalam mengurangi angka penganguran di Kota Tahu secara luas.

“Ada 26 kecamatan di Sumedang, kami harap PT Karina dapat mengakomodir para pencari kerja di berbagai pelosok Kabupaten Sumedang, ungkapnya.

Pantauan Humas DPRD Sumedang di lokasi, jajaran Komisi III diterima langsung oleh Manajer Human Resources Departemen (HRD) PT Karina Elis. Elis mengatakan, selama ini pihaknya terus berupaya mengutamakan calon tenaga kerja lokal dalam tiap perekrutan pegawai sebagai upaya membantu pemerintahan setempat dalam mengurangi angka pengangguran.

“Sampai saat ini, kami selalu mengutamakan warga sekitar (Sumedang). Namun terkadang ada kekurangan-kekurangan pegawai dalam hal gender, misalkan ketika kebutuhan pegawai perempuan tidak dapat dipenuhi di Sumedang, maka kami jugha menerima calon tenaga kerja dari daerah sekitar, seperti Kabupaten Bandung dan Garut,” ujarnya. humas dprd