Selasa, Juli 16Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

DPRD Gelar Paripurna Peringatan Hari Jadi ke 441 Sumedang

DPRD SUMEDANG — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke 441 Sumedang dengan tema Kolaborasi Menuju Sumedang Simpati Mengentaskan Kemiskinan dan Memberdayakan UMKM, di Gedung Negara, Senin (22/4/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Sumedang Yadi Mulyadi beserta unsur pimpinan lainnya berikut Anggota DPRD Sumedang, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan beserta jajarannya dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), perwakilan TNI/Polri. Kemudian, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Perwakilan Pemprov Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sumedang Yadi Mulyadi mengajak segenap masyarakat Sumedang mulai dari penyelenggara pemerintahan hingga masyarakat umum untuk berkontribusi baik di dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan Unit Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Yadi mengatakan, usia 441 tahun pada hari ini merupakan hitungan yang tidak sedikit yang sudah melintasi beberapa generasi. Menurutnya, bilangan tersebut telah mampu memberikan banyak perubahan pada berbagai aspek termasuk pada gaya hidup, pandangan dan pendapat yang berbeda-beda.

Namun demikian, kata Yadi, di balik berbagai perbedaan tersebut, Sumedang memiliki falsafah Kasumedangan dari leluhur sejak zaman kerajaan dahulu yang senantiasa diwariskan dari generasi ke generasi.

Yaitu falsafah kesabaran dan ketawakalan mencari rido Allah serta selalu berupaya saling berbagi.

Yadi menuturkan, secara umum, falsafah tersebut dapat diterjemahkan bahwa masyarakat Sumedang mulai dari penyelenggara pemerintah bersama mitra kerjanya hingga masyarakat umum harus bersama-sama membangun kesejahteraan rakyat dengan berbagai upaya positif.

“Hal ini dapat menjadi kekuatan besar yang mampu membangkit motivasi untuk mewujudkan kejayaan dan kebesaran Sumedang dalam konteks pembangunan Sumedang dari bebagai bidang.”

“Sejalan dengan uraian di atas, mengambil tema Kolaborasi Menuju Sumedang Simpati Mengentaskan Kemiskinan dan Memberdayakan UMKM. Dengan demikian kemajuan dari tahun ke tahun tampak nyata dan dapat dirasakan oleh segenap masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Yadi mengungkapkan, penyelenggaraan pemerintahan tidak bisa lepas dari peran DPRD yang merupakan mitra kerja pemerintah daerah.

“Keberhasilan pemerintahan dan pembangunan di Sumedang tidak terlepas dari kemitraan yang baik denga DPRD. Hal itu juga tergantung semakin baiknya peran dan fungsi di masing-masing lembaga dengan meningkatkan kinerja dan etos kerja.”

“Kami juga mengajak seluruh unsur masyarakat untuk selalu menjaga kondusifitas dan sinergitas demi terwujudnya harapan masyarakat menuju Sumedang Simpati,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diawali dengan prosesi upacara adat juga diisi acara pembacaan riwayat singkat sejarah Sumedang. humpro dprd sumedang