Kamis, Oktober 17Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

DPRD Dorong Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Jatigede

DPRD-Pemkab Sumedang tinjau Jaln Lingkar Timur Jatigede, Kamis. humpro/dprd sumedang

DPRD SUMEDANG – DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Sumedang kembali melaksanakan roadshow peninjauan ke sejumlah lokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Jatigede yang direncanakan menjadi pusat pengembangan wilayah di Kabupaten Sumedang, Kamis (7/9/2019).

Pertama, jajaran DPRD-Pemkab Sumedang meninjau sejauh mana perkembangan proyek jalan Lingkar Timur Jatigede yang menjadi akses ke tempat-tempat wisata di kawasan tersebut. Dari total panjang jalan 17.5kilometer, saat ini tinggal menyelesaikan 4kilometer lagi.

Anggota DPRD Sumedang H Dudi Supardi ST, MM mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumedang yang sudah berkomunikasi dengan pemerintah di atasnya dalam mengembangkan kawasan ekonomi di Jatigede. Menurutnya, hal tersebut merupakan hikmah di balik berbagai permasalahan yang bergulir paskadibangunnya bendungan Jatigede.

“Terus terang kami sebagai wakil rakyat berterima kasih, di balik berbagai keluhan masyarakat ternyata ada hikmah yang sangat besar. Sekarang kita mempunya kawasan-kawasan yang berpotensi , begitu indah dan bernilai ekonomi. Pengembanga ekonomi inilah yang akan diterima masyarakat,’ ujarnya.

DISKUSI Pengembangan KEK Jatigede bersama Forpimka setempat, di objek wisata Panenjoan, Kamis. humpro/dprd sumedang

Setelah itu, rombongan roadshow mengunjungi objek wisata Panenjoan, yangmana wistawan dapat melihat secara langsung pemandangan Jatigede darii ketinggian, yang dapat menarik minat wisatawan. Kemudian, dilanjutkan ke tempat-tempat lainnya, meliputi objek wisata Tanjung Duriat, Kampung Aluminium di Desa Sukamenak, dan Kampung Buricak Burinong, dan berakhir di spot Paralayang Batudua yang tidak lama lagi akan digelar perhelatan paraglaiding bertaraf internasional di kawasan tersebut.

Dudi menilai, kunjungan tersebut dipandang perlu guna mengetahui sejauh mana keberhasilan-keberhasilan yang sudah dicapai oleh pemimpinan daerah.

“Dengan adanya jalan-jalan yang bermanfaat ini, kami jadi mengetahui perkembangan yang dicapai kepemimpinan sekarang. Dan kepada rekan-rekan di legislatif juga saya sarankan agar menyampaikannya kepad amasyarakat agar mereka mengetahuinya,” ungkapnya.

KUNJUNGAN ke Kampung Aluminium Desa Sukamenak, Kamis. humpro/dprd sumedang

H. Mulya Suryadi S.Pd. M.Kom

Anggota DPRD lainnya, H Mulya Suryadi S.Pd, M.Kom menambahkan, dengan adanya kegiatan peninjauan secara bersama-sama antara legislatif dengan eksekutif dapat meningkatkan sinergi di antara keduanya dalam meningkatkan kemajuan Sumedang.

“Menurut kami sangat bermanfaat, ada sinergi lah. Saya berharap ke depannya juga dapat dilaksanakan kembali. Sehingga berbagai kemajuan Sumedang dapat didorong secara bersama-sama.

PENINJAUAN Spot Paralayang Batudua, Kamis. humpro/dprd sumedang

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, pihaknya mempunyai keinginan yang besar untuk mengembangkan kawasan Jatigede menjadi kawasan wisata bertaraf internasional. Yang pada akhirnya, dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Jatigede khususnya masyarakat OTD Jatigede yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

JAJARAN Anggota DPRD-Pemkab Suedang foto bersama di objek wisata Panenjoan. Kamis. humpro/setwan

“Kami sangat berambisi menjadikan Jatigede destinasi wisata kelas dunia, dengan cara membangun KEK Pariwisata Jatigede. Di sini akan ada wisata dengan berbagai fasilitasnya seperti sport tourism, wisata kuliner, hotel, golf and resort, floating market sehingga Jatigede betul- betul wisata yang terintergasi yang banyak mendatangkan wisatawan mancanegara,” ungkapnya. humas dan protokol