Senin, April 22Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

Dewan Dorong Pengembangan Potensi Wisata Sejarah Sumedang

KEGIATAN Reses Akhir Masa Jabatan salah satu anggota DPRD Sumedang Willy Jordan S, Senin. humas/dprd sumedang

DPRD SUMEDANG — Melalui Reses Akhir Masa Jabatan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang Periode 2014-2019, masyarakat Desa Jatimulya, Kecamatan Sumedang Utara menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan potensi wisata sejarah yang terdapat di daerah setempat.

Salah seorang warga Perumahan Asabri mengatakan, di daerah tersebut terdapat situs bersejarah, yaitu, tempat peristirahatan/paniisan salah satu mantan Bupati Sumedang yang dikenal sebagai Pangeran Mekah, yaitu, Pangeran Suria Atmadja.

SUASANA reses anggota DPRD

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Sumedang Willy Jordan Soemardi mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi tersebut dengan menyampaikannya ke lembaga DPRD.

“Ada prioritas yang dikawal, yaitu potensi wisata budaya dan sejarah yang belum begitu mengemuka. Cagar budaya ini ketika nanti dikembangkan dapat mendongkrak perekonomian warga, dan ini merupakan program pemerintah daerah,” ujarnya di sela-sela kegiatan reses anggota dewan di Perum Asabri, Desa Jatimulya, Kecamatan Sumedang Utara, Senin (18/3/2019).

Willy menuturkan, situs bersejarah tersebut juga dapat menarik wisatawan dari dalam maupun luar daerah Sumedang. Yang mana keberadaannya dapat dijadikan sarana untuk mempelajari sejarah Sumedang.

“Cagaar budaya dan sejarah ini belum banyak yang tahu. Namun, jika dikembangkan dapat menarik wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Sumedang.”

“Konsepnya bisa dibangun dengan nuansa bangunan pada awal berdiri situs ini, agar nuansa sejarahnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, kata Willy, terdapat aspirasi-aspirasi lainnya yang disampaikan masyarakat. Mulai dari pembenahan infrastruktur sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan yang lainnya yang dibutuhkan warga. humas dprd