Tinjau Kesiapan Pilkades Serentak, Komisi I Ajak Warga Cerdas Memilih

DPRD SUMEDANG, Situraja -- Komisi I DPRD Sumedang meninjau persiapan pemilahan kepala desa di Desa Cijeler, Kecamatan Situraja, Kamis (5/3/2020).

Pada kesempatan tersebut, selain menijau kesiapan berbagai tahapan yang dilakukan oleh panitia pilkades setempat, Ketua Komisi I Asep Kurnia, S.H, M.H juga mengajak warga masyarakat agar menjadi pemilih cerdas guna menghasilkan kepala desa yang berkualitas demi kemajuan desa.

"Pilkades merupakan ajang memilih panutan desa. Semua pihak baik calonnya, pemerintah desa, kecamatan bahkan kita sebagai pemilih harus bisa memastikan penyelenggaran pilkades ini harus dilandasi kesadaran memilih dengan ikhlas mempertimbangkan bibit, bebet dan bobotnya," ungkapnya.

Asep mengingatkan agar pemilih tidak hanya mempertimbangkan materi saja. Selain itu, kata Asep, Komisi I juga mendorong pemerintah desa dan kecamatan agar memberikan pendidikan pemilih cerdas kepada masyarakat.

"Jangan hanya mempertimbangkan uang, karena pilkades ini akan membawa kemajuan desa," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Cijeler Ujang Sulaeman menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari tahapan-tahapan pilkades sampai sosialisasi aturan pilkades ke masyarakat.

"Insya Allah panitia sudah siap. Setiap tahapan selalu ada berita acaranya komplit dengan tanda tangannya. Kami juga selalu menasehati kepada para calon untuk menjaga silaturahmi," tuturnya.

Menurutnya, sampai saat pihaknya sudah menyelesaikan tahapan penetapan daftar pemilih sementara (DPS).

"Sekarang baru tahapan DPS, kemarin sudah terdaftar 2.553 DPS. Sesaui dengan jadwal, daftar pemilih tetap (DPT) akan dtetapkan 27 Maret mendatang. Kami juga sudah sosialisasi kepada masyarakat di 7 titik," ungkapnya.

Kemudian, Ujang mengungkap, kedatangan Komisi I ke desa tersebut merupakan kehormatan bagi pihaknya. Dari kegiatan tersebut, Ujang mengaku mendapatkan berbagai pelajaran.

"Suatu kehormatan bagi kedatangan bapak-bapak dewan.  Banyak sekali manfaatnya ketika ada permasalahan di sini ditanggapi, mendapat ilmu tentang berbagai aturan, termasuk bagi calon harus baimana saat sudah menang nanti," ungkapnya. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar