Setwan Sumedang Siap Akselerasi Inovasi Daerah di Era Pandemi


FOTO: SEKWAN Sumedang Drs. H. Sonson M Nurikhsan, M.Si (tengah), humpro

SETWAN SUMEDANG, IPP -- SEKRETARIS DPRD Kabupaten Sumedang Drs. H. Sonson M Nurikhsan, M.Si mengikuti pembekalan dan pencerahan terkait Akselerasi Inovasi Daerah di Era Pandemi, di Ruang Tampomas Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan menuju terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat, daya saing daerah dan kualitas 

pelayanan publik, sehubungan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang tengah mengakselerasi pengembangan inovasi daerah.


FOTO: Kepala Litbang pada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr. Agus Fatoni, M.Si.

Materi pembekalan inovasi daerah dalam kegiatan itu disampaikan oleh Kepala Litbang pada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr. Agus Fatoni, M.Si.

Sekwan Sonson mengatakan, dari hasil kegiatan tersebut, didapati seluruh Organisasi Perangkat daerah, kepala OPD dan perangkat daerah harus bisa berinovasi, mengembangkan atau lebih jauhnya menciptakan, baik individu maupun lembaga.

"Bahkan tadi di akhir acara disampaikan setiap OPD harus memiliki 7 inovasi setiap tahunnya," ujarnya.


Sementara itu, Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T, M.M, menuturkan, kegiatan tersebut merupakan reform corner atau pojok reformasi yakni untuk mereformasi diri dan merubah pola pikir (mindset) ASN, sehingga lebih inovatif serta kreatif dalam memecahkan berbagai persoalan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap apa yang disampaikan Kepala Litbang tadi dapat memotivasi dan menginspirasi para ASN dengan instrumen inovasi, sehingga dapat mewujudkan tujuan Sumedang Simpati," tuturnya.

Di lain pihak, Kepala Litbang Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, inovasi dibutuhkan dalam kinerja pemerintah. Yang mana menjadi metode dalam menyukseskan program pemerintah.

Menurutnya, ada 6 ruang lingkup inovasi. Yaitu, inovasi administrasi, manajemen dan kebijakan. Lalu, inovasi teknologi dan sosial.

"Ada beberapa manfaat inovasi di daerah. Salah satunya mempercepat tujuan otonomi daerah sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah," ungkapnya. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • Admin
    16 Sep 2021

    Silahkan isi formulir untuk Komentar!