Reses di Masa PPKM Darurat, Anggota DPRD Sumedang Jaring Aspirasi Door to Door


FOTO: KETUA DPRD Sumedang Irwansyah Putra (tengah) mengunjungi masyarakat untuk menjaring aspirasi secara "door to door". humpro

dprd.sumedangkab.go.id -- Jajaran Anggota DPRD Kabupaten Sumedang saat ini tengah melaksanakan Reses Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020-2021, yang dilaksanakan selama tiga hari pada 16, 17 dan 19 Juli 2021.

Reses merupakan agenda Anggota DPRD di luar persidangan atau kantor, yaitu mengunjungi para konstituen atau pemilih anggota dewan di dapilnya masing-masing untuk menjaring aspirasi untuk dijadikan bahan pokok pikiran DPRD.


FOTO: WAKIL Ketua DPRD Titus Diah (kanan) menyosialisasikan protokol kesehatan di masa PPKM kepada warga di sela-sela reses. humpro

Sekretaris DPRD Sumedang Drs. Sonson M. Nurikhsan, M.Si mengatakan, mengingat saat ini sedang diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, maka pelaksanaan penjaringan aspirasi masyarakat oleh anggota dewan masih dilakukan dengan mekanisme pintu ke pintu (door to door).

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan masa di tengah masa pandemi Covid-19.


FOTO: WAKIL Ketua DPRD Jajang Heryana, S.E (kanan) memberikan makanan kepada masyarakat dalam kegiaatan Reses MP III. humpro

"Para Anggota Dewan sedang melaksanakan Reses Masa Persidangan III selama tiga hari ke depan. Jika sebelumnya pada masa normal penjaringan aspirasi dilaksanakan di satu titik lokasi, maka pada masa PPKM seperti sekarang ini dilakukan dengan mengunjungi rumah warga langsung secara door to door," ujarnya, Jumat (16/7/2021).

Sekwan Sonson, menuturkan, meski terdapat penerapan PPKM D yang membatasi berbagai aktivitas masyarakat, pelaksanaan reses harus tetap dilaksanakan karena menyangkut kepentingan DPRD dalam mengumpulkan bahan-bahan pokok pikiran DPRD yang akan diusulkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).


FOTO: WAKIL Ketua DPRD H. Ilmawan Muhamad, S.Ag, (kanan) menyambangi salah satu warga yang sedang beraktivitas di tepi sungai. humpro

"Reses harus tetap dilaksanakan, karena menyangkut kepentingan masyarakat, di mana Anggota Dewan haru menjaring aspirasinya dan membawanya untuk ditindaklanjuti sebagai bahan pokok pikiran DPRD," ungkapnya.


Melalui kegiatan reses itu pula, lanjut Sonson, para Anggota Dewan menyosialisasikan aturan-aturan di dalam PPKM kepada masyarakat.

Reses tersebut digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yaitu, menghindari kerumunan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.