Meski Anggaran Terbatas, Jajang Dorong Pencegahan Stunting Tetap Berjalan

DPRD SUMEDANG -- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Jajang Heryana, S.E menggelar video konferensi Rembuk Stunting bersama Pemkab Sumedang, guna membahas percepatan penurunan dan pencegahan stunting terintegrasi, di Ruang Kerjanya, Rabu (3/6/2020).

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama, sehingga mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan anak.

Jajang mengatakan, meski anggaran pada tiap dinas terbatas dalam masa pandemi Virus Corona seperti sekarang ini, namun diharapkan kegiatan-kegiatan pencegahan stunting dapat tetap dilaksanakan.

"Di tengah terjadi pergersearan anggaran pada APBD di seluruh SKPD yang dialihkan untuk penanganan Covid-19, sementara kegiatan fardu ain harus tetap dilakukan. Sehingga di tengah keterbatasan ini kami tetap  berjuang bersama-sama dalam rangka penurunan angka stunting sesuai target yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sudah disepakati antara DPRD dan Pemkab Sumedang," ujarnya.

Jajang mengungkapkan, jika saat pandemi Virus Corona berakhir, namun angka stunting meningkat. Maka hal tersebut merupakan kegagalan pemerintah daerah.

"Untuk itu kita mendorong agar tetap fight bersama-sama dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Kemudian, kata Jajang, percepatan penurunan angka stunting menjadi prioritas utama pada rencana pemulihan paskapandemi Covid-19, pada 2021 mendatang.

Menurutnya, Pemkab Sumedang wajib menjaga stabilitas penurunan stunting. Yang mana, melalui perbup ada 12 desa yang didorong untuk penurunan angka stunting. Dalam hal ini, DPRD bersama Pemkab akan menyosialisasikannya secara masif.

"Kami mengajak terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang peduli terhadap kesehatan dan penurunan stunting, agar bekerja ikhlas bersama-sama dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • Admin
    04 Jun 2020

    Silahkan isi formulir untuk Komentar!