Lokasi Longsor Cimanggung Masih Rawan, Irwansyah Minta Warga Legowo Mengungsi

DPRD SUMEDANG – KETUA DPRD Kabupaten Sumedang bersama jajaran anggota dewan lainnya melakukan peninjauan lokasi bencana alam longsor di Kampung Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Selasa (12/1/2021).


FOTO: JAJARAN DPRD Sumedang tinjau Posko Utama Penanggulangan Bencana Longsor Cimanggung, Selasa. humpro

Pertama datang, Irwansyah bersama rombongan langsung meninjau Posko Utama Penanggulangan Bencana Alam Longsor Cimanggung,yang berlokasi di SMA Negeri I Cimanggung.

Selanjutnya, Irwansyah bersama sejumlah anggota dewan bertolak ke lokasi kejadian longsor, yang berjarak sekitar 500meter dari Posko Utama.

Irwansyah mengatakan, melihat kondisi di lapangan yang rawan ditambah belakangan ini curah hujan selalu tinggi, pihaknya meminta agar warga yang masih tinggal di sekitar lokasi agar mau direlokasi ke tempat yang lebih aman, untuk menghindari dampak longsor susulan.


FOTO: IRWANSYAH tinjau lokasi longsor melalui teropong, Selasa. humpro

“Berdasarkan peninjauan dan informasi yang didapatkan, tanah di lokasi longsor masih terjadi pergerakan dan curah hujan tinggi, informasi dari Tim SAR juga katanya ada retakan besar, ini sangat berbahaya. Tadi saya lihat melalui teropong memang ada retakan besar, maka dari itu saya minta warga agar mau mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Irwansyah menuturkan, lokasi kejadian yang merupakan lereng bukit Gunung Geulis yang curam itu, baiknya ditanami banyak pohon. Agar dapat mencegah terjadinya longsor. Selain itu, pihaknya meminta agar Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang agar memiliki peta kerawanan bencana.

“Musibah ini harus dijadikan pelajaran, harus ada peta kerawanana bencana, agar dalam hal ini dapat memetakan mana yang layak diajdikan pemukiman dan tidak,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan sumbangan berbagai kebutuhan pengungsi. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • Admin
    12 Jan 2021

    Silahkan isi formulir untuk Komentar!