DPRD Sumedang Terima Audiensi dari Yadika, Dorong Penyelesaian Masalah Jatigede Sesuai Kearifan Lokal


DPRD SUMEDANG -- DPRD Kabupaten Sumedang menerima Audiensi dari Yayasan Pendidikan Manggala Sumedang.

Masa Audiensi diterima oleh Anggota Komisi III drg. Rahmat Juliadi, M.H, Kes, Anggota Komisi IV Dede Suwarman dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yosef, di Ruang Paripurna DPRD Sumedang, Jumat (31/12/2021).

Ketua Yadika Rudi menyampaikan sejumlah aspirasi terkait permasalahan yang timbul setelah enam tahun Waduk Jatigede digenang.


Menurutnya, perlu adanya konsep-konsep yang tegas dalam melaksanakan recovery. Selain itu pihaknya mendorong agar permasalahan ganti rugi segera diselesaikan.

"Pada momentum enam tahun penggenangan Jatigede, masalah-masalah sosial dan ekonomi masih belum terselesaikan," ujarnya.

Rudi mengatakan, pihaknya mendorong Pemerintah untuk melakukan penanggulangan dampak lingkungan secara ekologis dan juga dampak sosial, yang diharapkan bisa diselesaikan atau ditanggulangi oleh pemerintah ini disesuaikan dengan budaya setempat atau kearifan lokal di sana, dengan adat dan kepercayaan masayarakat di sana.

"Supaya terjadi sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat yang termasuk juga nanti dampak-dampak sosial yang ada ini bisa ditanggulangi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menanggapi hal itu, Rahmat Juliadi mengatakan, dampak dari pembangunan Bendungan Jatigede memang masih banyak menyisakan permasalahan.

"Selain permasalahan penggantian lahan yang mungkin masih ada sisa yang belum tuntas, tapi ada juga dampak-dampak lain yang tentu harus jadi perhatian kita semua," ujarnya.

Pertama, kata Rahmat, dampak lingkungan atau ekologis terhadap lingkungan sekitar. Ke dua, dampak sosial yang harus menjadi perhatian semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah, Provinsi hingga Pusat, dalam hal ini satker termasuk juga BBWS Cimanuk.

Rahmat menuturkan, pihaknya menilai rekomendasi yang disampaikan Yadika cukup bagus dan ideal. Namun demikian, dalam proses proses penanggulangan tentunya ada kewenangan-kewenangan yang harus diperhatikan.

"Mana yang menjadi kewenangan pusat, provinsi atau kabupaten. Nah, kita mungkin nanti akan mencoba menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi yang sifatnya menjadi kewenangan kabupaten," tuturnya.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan lagi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda Sumedang melalui dinas-dinas terkait. Mulai dari Dinas Sosial, Pendidikan hingga Kesehatan dan lingkungan Pemda mana yang memang bisa ditindaklanjuti yang menjadi kewenangan kabupaten.

"Dan kita akan meneruskan rekomendasi-rekomendasi yang merupakan kewenangan pusat dan provinsi, kewenangan satker, BBWS yang menjadi penanggung jawab pembangunan Jatigede ini," ungkapnya. humas

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • custom leather gear bdsm
    2022-02-25 18:49:15
    Great post.
  • I quite like reading through a post that can make people think. Also, thank you for permitting me to comment!
  • I am in fact grateful to the owner of this web site who has shared this wonderful paragraph at at this place.
  • Binary Options
    2022-06-29 05:22:56
    Make money trading opions. The minimum deposit is 50$. Learn how to trade correctly. How to earn from $50 to $15000 a day. The more you earn, the more profit we get. I just wish I am useful in some way here.
  • bubble shooter
    2023-01-14 16:14:05
    I hope all problems will be resolved soon
  • fnf
    2024-03-06 10:50:41
    I have read your post very carefully and I just want to say that the information you shared is really great and I have learned a lot from it.