DPRD Sumedang Sampaikan Laporan Reses Masa Sidang II 2019-2020

DPRD SUMEDANG -- DPRD Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Reses Masa Sidang II, Tahun Sidang 2019-2020, di Ruang Paripurna DPRD setempat, Selasa (16/6/2020).


Laporan tersebut disampaikan Anggota Dewan Dr. H. Dudi Supardi, S.T, M.M di hadapan Pimpinan-Anggota DPRD, Bupati, jajaran SKPD dan unsur Forkopimda Sumedang termasuk KPU.

Dalam laporannya, Dudi menyampaikan, seluruh anggota DPRD Sumedang telah melaksanakan reses tersebut pada 2-4 April 2020.


"Dan telah melaksanakan kewajibannya berupa penyampaian laporan tertulis kepada Pimpinan DPRD," ujarnya.

Dudi menuturkan, terdapat perbedaan dalam pelaksanaan Reses Masa Sidang II dengan reses sebelumnya yang diakibatkan pandemi Covid-19.


Yaitu, kegiatan lebih difokuskan pada penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga penjaringan aspirasi dilakukan dengan cara door to door (rumah ke rumah) sekaligus menyosialisasikan cara-cara pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Sambil membagikan berbagai keperluan kesehatan dan kebutuhan pangan di masa pandemi.

"Untuk pelaksanaan reses kali ini dilakukan dengan metode door to door (rumah ke rumah) di lingkungan dapil masing-masing".

"Sebagai rasa kepedulian kemanusiaan ini, maka pelaksanaan reses kali ini, anggota dewan membagikan masker, handsanitizer, semprotan disinfektan dan sembako secara cuma-cuma. Sebagai bukti kepedulian DPRD terhadap masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, adapun aspirasi dan temuan pada Masa Reses II 2019-2020, adaah sebagai berikut:

- Keluhan para penjaga/petugas Posko Check Point C/Perbatasan berkenaan dengan waktu jaga (sif) yang kurang efektif;

- Masih ditemukan banyaknya pengendara dari luar daerah yang datang ke Sumedang, tanpa membawa kelengkapan surat-surat yang disarankan;

- Adanya keluhan masyarakat terhadap Pemerintah terkait bantuan alat pelindung diri secara cuma-cuma;

- Keluhan masyarakat terkait melonjaknya harga sembako di pasaran;

- Keluhan masyarakat untuk pembagian bantuan sosial secara bersamaan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemkab.

Dari hasil pelaksanaan reses tersebut terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, kata Dudi, maka DPRD Sumedang merekomendasikan hal-hal sebagai berikut.

- Mendorong Pemda melalui SKPD terkait, mengenai pengendalian Covid-19 di Sumedang;

- Mendorong Pemda melalui SKPD terkait, mengenai pengendalian harga bahan pokok di pasaran;

- Mendorong Pemda melalui SKPD terkait, mengenai perhatian kepada masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan sembako;

- Mendorong Pemda melalui SKPD terkait, mengenai pemberian APD terhadap masyarakat untyk pencegahan Covid-19;

- Pemda melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 agar dapat memperhatikan petugas, baik dalam pembagian waktu kerja maupun kesehatannya di 14 Check Point Perbatasan; dan

- Pemda melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dapat mengoptimalkan 14 Check Point Perbatasan di Sumedang agar tidak terkontaminasi dari daerah Zona Merah.

Selain itu, pada laporan tersebut juga terdapat usulan berbagai aspirasi terkait pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor.

"Demikian laporan hasil Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020 DPRD Sumedang. Berbagai rangkuman dari hasil reses ini merupakan pekerjaan besar bagi Pemerintah Daerah dan DPRD untuk menindaklanjutinya dalam bentuk kebijakan publik daerah," ungkapnya. 

Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi. Seperti pemeriksaan suhu tubuh bagi peserta rapat saat masuk ke lingkungan DPRD Sumedang sekaligus pemberian handsanitizer,  memakai masker, dan menerapkan pola jaga jarak satu sama lain, serta pengurangan jumlah peserta rapat dari biasanya. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • cialis buy online
    2021-10-30 20:48:15
    Arrow Lisinopril Without Prescription
  • Kelsey Radley
    2023-09-26 16:48:38
    Really appreciate this wonderful post that you have provided for us.Great site and a great topic as well i really get amazed to read this. Its really good. tunnel rush
  • dino game
    2023-10-31 16:47:42
    Keep up the good work , I read few posts on this web site and I conceive that your blog is very interesting and has sets of fantastic information.
  • mira23
    2023-10-31 16:48:21
    Continue your wonderful effort, I've read a few blogs on this website and I think your blog is quite fascinating and contains a lot of useful dino game information.
  • jeffreestar
    2023-11-30 11:25:24
    Beberapa temuan dan aspirasi dari reses ini meliputi keluhan terkait penjagaan posko check point, masuknya pengendara dari luar daerah tanpa kelengkapan cookie clicker surat-surat, keluhan terkait bantuan alat pelindung diri, lonjakan harga sembako, serta aspirasi terkait pembagian bantuan sosial dari pemerintah.
  • convexscreen
    2023-12-22 16:41:36
    Unblocked Games 66 is a free and unblocked gaming website. There are many interesting games from many different genres.
  • leo rasy
    2024-02-23 11:15:10
    What sets the I want watermelon apart from its counterparts is its perfect blend of challenge and reward.