Dorong Pengembangan Industri , DPRD Sumedang Sahkan Perda RPIK


DPRD SUMEDANG -- DPRD Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan atas Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Setempat, Selasa (31/10/2023).

FOTO: WAKIL Ketua DPRD Sumedang H. Sidik Jafar, S.E., mempimpin Rapat Paripurna, Selasa. humas

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumedang H. Sidik Jafar, S.E., dihadiri oleh Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra beserta para Wakil Ketua DPRD lainnya, Titus Diah dan H. Ilmawan Muhamad, S.Ag., M.M.

FOTO: Pj. Bupati Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si., humas

Rapat Paripurna juga dihadiri oleh Penjabat Bupati Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si., beserta perwakolan Unsur Forkopimda Sumedang.

FOTO: PIMPINAN DPRD bersama Pj. Bupati Sumedang melaksanakan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama atas Raperda tentang RPIK, Selasa. humas

Pada rapat tersebut, DPRD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menyepakati pengesahan Raperda RPIK menjadi Perda, yang ditandai dengan penandatanganan berita acara bersama oleh para Pimpinan DPRD beserta Pj. Bupati Sumedang.

FOTO: KEPALA Bagian Persidangan, Perundang-undangan dan Hubungan Masyarakat Setwan Sumedang Ida Marlaida, S.H., M.Si., membacakan Rancangan Keputusan DPRD tentang Persetujuan atas Raperda RPIK, Selasa. humas

FOTO: KETUA Pansus Raperda RPIK Atang Setiawan, S.E., menyampaikan Laporan Pembahasan Raperda RPIK, Selasa. humas

Sebelum disahkan menjadi Perda, Ketua Pansus Raperda RPIK Atang Setiawan, S.E., mengatakan, Raperda tersebut telah melalui proses pembahasan yang panjang dan cukup alot karena menyangkut nilai-nilai penting dan strategis.

"Raperda ini memiliki nilai yang sangat penting dan strategis bagi sebuah kabupaten termasuk Sumedang. Perda RPIK ini akan menjadi sebuah panduan bagi pemerintah daerah dan kalangan dunia usaha untuk mau berinvestasi di kabupaten Sumedang," ujarnya.


Sebagaimana diketahui, Atang menuturkan, investasi erat kaitannya dengan peningkatan pendapatan masyarakat, pengurangan pengangguran dan lebih jauhnya dapat menyejahterakan masyarakat.

"Oleh karena itu dalam proses pembahasan kemarin ini terjadi diskusi yang cukup alot. Di perda ini sudah memetakan berbagai potensi berbagai peluang usaha yang ada di Kabupaten Sumedang baik mikro, kecil, menengah maupun perusahaan besar," tuturnya.


Selain itu, lebih lanjut Atang menjelaskan, proses pembahasan Raperda berlangsung panjang juga disebabkan terdapat beberapa dokumen perencanaan yang harus disesuaikan dengan perencanaan lainnya, yakni RPJMD dan RPJPD yang akan habis pada 2023 dan 2025.

"Nah kemudian juga proses pembahasan cukup panjang karena memang ada beberapa dokumen perencanaan kita yang berbarengan waktunya ini akan habis. Jelas RPJMD ini akan habis 2023, RPJPD 2025 ini akan habis

Sementara Rencana Tata Ruang dan Wilayah juga sedang direview."

"Sehingga bagaimanapun mau tidak mau dokumen perencanaan RPIK harus sejalan dengan dokumen-dokumen perencanaan lainnya. Kita tidak ingin ketika Raperda ini disahkan bertolak belakang dengan dokumen perencanaan yang lain sehingga tidak ada kemanfaatan ke daerah," jelasnya.

Atang menambahkan, dengan disahkannya Perda RPIK, diyakini dapat mengoptimalkan segala potensi yang ada di Kabupaten Sumedang.

"Dengan RPIK ini kita memetakan di mana indutri besar ditempatkan, industri kecil bahkan UMKM sudah ada zonasinya sudah kita atur," tambahnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Herman mengatakan adanya Perda RPIK merupakan angin segar bagi pertumbuhan industri di Sumedang yang diyakini dapat mendorong laju ekonomi sehingga angka penggangguran dan kemiskinan berkurang.

"Ini angin segar, mudah-mudahan industri di Sumedang bisa bertumbuh, bisa lebih baik lagi dan kita ketahui industri salah satu faktor yang sangat signifikan untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi," kata Herman.

Herman menuturkan, apabila laju pertumbuhan ekonomi bisa dijaga pada angka enam atau tujuh persen, tentu pembangunan akan besar dan pada akhirnya berdampak pada penurunan pengangguran dan kemiskinan. 

"Saya kira endingnya adalah bagaimana membuat rakyat Sumedang sejahtera dengan menurunnya pengangguran dan kemiskinan dan industri adalah salah satu alatnya dan mudah-mudahan tentu dalam hal ini bukan hanya industri besar tapi industri kecil termasuk di dalamnya home industri."

"Jadi kami akan memberikan konsen untuk pengembangan industri dalam arti yang luas," tuturnya. humas

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • desiraehambrick
    2023-11-08 14:01:36
    geometry dash lite is an amazing adventure game that brings you to other worlds. Let us appreciate the beauty of these places while keeping an eye out for any threats.
  • Carmelo
    2023-11-09 14:03:36
    Get ready to enter a world of fun in papa's games where you'll have the opportunity to play a variety of roles, interact with simulated customers, and put your abilities to the test in a wide variety of exhilarating activities.
  • 5 letter words
    2023-11-11 18:39:29
    If you are looking for an entertaining but equally rewarding game , try it now with an extremely attractive entertaining word puzzle game that you can't get bored of.
  • differentsauces
    2023-11-13 09:45:37
    It's actually a cool and useful piece of information. I am glad that you simply shared this helpful information with us. Please keep us up to date like this. geometry dash
  • E. Wanrun
    2023-11-16 12:41:22
    I read this post your post is so nice and very informative post thanks for sharing this post, I think You should write On flow forming machine manufacturer
  • Hana
    2023-11-27 14:42:31
    This is genuinely a valuable and interesting piece of information. I'm pleased that you shared this helpful insight with us. Please continue to keep us informed in a similar fashion. geometry dash meltdown
  • Jolie Keva
    2023-11-29 11:50:25
    Welcome to the fresh world of suika watermelon game, where fun puzzle solving combines your favorite fruits. This engaging and vibrant game brings a unique twist to the puzzle genre.
  • Raleigh Kozey
    2023-11-30 15:54:15
    As a result of its unique combination of aspects of construction, conflict, and strategy, jacksmith is a game that is both fascinating and exciting. Learning about both the world of blacksmithing and the mythological worlds can be accomplished in a way that is entertaining and educational with this method. Because players of many ages and skill levels find it enjoyable, it is an excellent choice for anyone looking for a game that can be played online that is both tough and fun.
  • dssddfs
    2023-12-03 15:17:36
    Because players of many ages and skill levels find it enjoyable, it is an excellent choice for anyone looking for a game that can be played online that is both tough and fun. 韓國奇力片官網
  • asfsaf
    2023-12-03 15:19:01
    an amazing adventure game that brings you to other worlds. Let us appreciate the beauty of these places while keeping an eye out for any threats. 藍色小藥丸
  • sonwilf
    2024-02-27 17:21:20
    basketball stars transports you to fantastical realms in this wonderful adventure game. While we are here, let us take in the breathtaking scenery and be vigilant for danger.
  • Isaac Wood
    2024-03-04 10:05:39
    Always monitor and update the information you share. This is really fascinating. The newsletter updates quickly and provides a source of quality information to follow. Update the situation quickly soccer random
  • teretisno
    2024-03-14 11:32:17
    gaming offers a platform 2048 cupcakes for artistic expression and storytelling.
  • Kelmenda
    2024-03-22 16:52:45
    Gaming provides a unique platform for artistic expression and storytelling within the realm of online games, allowing creators and players alike to explore and share complex narratives, visual artistry, and immersive experiences.
  • alii
    2024-04-09 15:41:00
    Ensure you're always vigilant and prompt in modifying the content you release. It's incredibly intriguing. With rapid adjustments, the newsletter stands out as a reliable resource for top-tier information worth keeping an eye on. Swiftly bring up to date the circumstances involving the red ball