Desa Jangan Ambil Alih Perekonomian Warga

Pendirian Bumdes bukan semata-mata mengejar keuntungan. Bumdes lahir dari kedaulatan desa untuk mengelola sumberdaya ekonominya. Pemerintah desa yang baik, bersih dan transparan akan menghasilkan Bumdes yang profesional. Bumdes merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah desa untuk mewujudkan peran dan fungsinya dalam memberikan sebesar-besarnya kesejahteraan pada masyarakat.

Menurut Info Desa dari laman situs https://risehtunong.blogspot.com/, terdapat tiga poin filosofi bundes, yaitu Bumdes adalah badan usaha, namun bukan semata-mata mencari keuntungan, tetapi juga punya muatan pelayanan kepada masyarakat sebagai kepanjangan tangan pemerintah desa dan menjalankan upaya pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan ekonomi desa.

Oleh sebab itu, Bumdes seharusnya tidak mengambil alih aktivitas ekonomi yang sudah dijalankan oleh warga, tetapi menciptakan yang baru, memberikan nilai tambah atau mensinergikan aktivitas-aktivitas ekonomi yang sudah ada.

Bumdes merupakan salah satu bentuk Social Enterprise, yaitu lembaga bisnis yang didirikan untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial, caranya dengan menciptakan nilai tambah, mengelola potensi dan aset dan memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi warga.

Bumdes sukses bukan kebetulan. Bukan hanya milik desa-desa tertentu. Setiap desa memiliki peluang untuk sukses dan sejahtera kalau mampu menggali potensi dan menemukan peluang.***(vrs) 

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar