Cegah Konflik antar Pelajar, Ini Saran Asep Kurnia


DPRD SUMEDANG, Komisi I -- KETUA Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia, S.H., M.H., menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda dalam rangka penanganan konflik sosial di kalangan pelajar di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara Sumedang, Senin Sore (13/3/2023).


Rakor dihadiri Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M., beserta jajaran Forkopimda Sumedang. Kemudian Sekda Sumedang Drs. H. Herman Suryatman, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Sumedang Agus Wahidin beserta unsur-unsur terkait di bidang pendidikan termasuk psikolog.

Pada rapat tersebut, Akur, sapaan akrab Asep Kurnia menyampaikan ucapan keprihatin atas peristiwa tewasnya seorang pelajar SMA akibat dianiaya pelajar lainnya.

"Tentu ini sebuah keprihatinan, pukulan bagi kita semua. Ini tantangan bagi kita ke depan agar dapat menyalurkan energi positif bagi pelajar, memberikan perlindungan bagi mereka yang sedang mencari ilmu. Pertemuan ini sangat tepat, supaya kejadian serupa tidak terulang kembali," ujarnya.


Akur mengatakan, diperlukan berbagai upaya pencegahan dini guna mencegah terjadinya konflik di kalangan pelajar.

Di antaranya, mengawasi akun media sosial siswa. Dalam hal ini, kata Akur, berbagai postingan di media sosial dapat menjadi pemicu konflik, untuk itu pihaknya menyarankan pihak sekolah bisa bekerja sama dengan Dinas Komunikasi atau Kepolisian untuk melakukan patroli saiber (cyber) mengontrol media sosial yang dimiliki siswa.

"Pemicunya bisa macam-macam, kaitan dengan medsos, bisa jadi corat-coret di tembok atau vandalisme. Oleh karena itu, saran saya akun medsosnya didaftarkan di sekolah, Diskominfo dan Kepolisian bisa melakukan patroli saiber, langkah yang bisa meminimalisasi," katanya.


Kemudian, Akur mengatakan, langkah selanjutnya bisa menggalakan tes urine bersama Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Kegiatan ini bisa digalakan agar para siswa enggan mencoba hal-hal buruk yang dapat menjadi pemicu konflik," katanya.

Selanjutnya, Akur menuturkan, pihaknya mengaku sepakat jika diadakan kegiatan Polisi Masuk Sekolah atau Jaksa Masuk Sekolah sebagaimana saran Kejaksaan Negeri Sumedang.

"Ke tiga, saya setuju ada program Polisi Masuk Sekolah atau Jaksa Masuk Sekolah. Karena ini penting mengenalkan siswa sekolah sadar hukum dari awal. Kalau tidak ada kesadaran mungkin jadi berani melanggar hukum," ungkapnya. humas

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • Rebecca Britt
    2023-06-06 14:39:17
    We absolutely love your blog and find most oof your post's to be what precisely I'm looking for. free games
  • Carley Mohr
    2023-08-28 14:22:41
    I can't express my gratitude for sharing this helpful knowledge in any other way than to say thank you. I frequently utilize the website getting over it; feel free to do the same.
  • Kara
    2023-08-31 09:34:01
    I appreciate your job, and your share is filled with valuable knowledge. Please keep releasing exciting new content. mapquest directions
  • monton roy
    2023-11-21 19:47:10
    I value your efforts, and your contribution is enriched with valuable insights. Please continue to share compelling new content. arceusx
  • Montan
    2023-11-21 19:48:40
    This information is genuinely valuable and beneficial. I appreciate that you've shared this helpful insight with us. Please continue to keep us informed in this manner. Thank you for sharing. flixeon
  • dibbert
    2023-12-29 10:12:04
    basketball stars unblocked is a fun and addictive game that's perfect for anyone who loves basketball or just wants to have some fun. If you're looking for a quick and easy game to play, I highly recommend checking it out!
  • Echopheme
    2024-01-30 09:45:03
    These meetings are announced publicly so it is easier to grasp information better. This brings better access between the government and the people. This is a really fascinating and useful bit of run 3knowledge. I appreciate you giving us this insightful information.
  • jasmine18
    2024-02-16 16:36:44
    Terima kasih atas informasinya. Ucapan keprihatinan dari Akur terkait peristiwa tragis tewasnya seorang pelajar SMA akibat dianiaya oleh pelajar lainnya sangatlah penting emoji. Semoga rapat tersebut dapat menghasilkan langkah-langkah yang efektif untuk mencegah kejadian serupa di masa depan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan dan lingkungan belajar yang aman bagi semua pelajar.