Rabu, Juni 19Website Resmi DPRD Kab. Sumedang
  • Selamat Datang di Situs Resmi DPRD Kabupaten Sumedang

Alhamdulillah, Sumedang Kembali Raih WTP LKPD dari BPK RI

UNSUR Pimpinan DPRD Sumedang Jajang Heryana (tiga kanan)-Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir beserta kepala daerah lainnya saat menerima laporan hasil pemeriksaan BPK RI, Senin. humpro/dprd sumedang

BANDUNG, DPRD SUMEDANG — Kabupaten Sumedang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sumedang Tahun Anggaran 2018.

Predikat WTP yang diraih Kabupaten Sumedang kelimakalinya itu, diumumkan secara langsung oleh Auditor Utama KN V BPK RI Bambang Pamungkas, bersama kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat, di Auditorium Kantor Perwakilan BPK Jawa Barat, di Jalan Moh. Toha Kota Bandung, Senin (27/5/2019).

Bambang menuturkan, pihaknya mengapresiasi tiap kepala daerah dan DPRD dalam mendukung kelancaran tugas konstitusi untuk melaksanakan pemeriksaan.

FOTO bersama Jajaran Pemerintahan Sumedang, paskapenerimaan laporan hasil keuangan, Senin. humpro/dprd sumedang

Menurutnya, pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memberikan opini kewajaran LKPD yang memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada para Kepala Daerah dan Ketua DPRD atas kerja sama dalam mendukung kelancaran tugas konstitusional BPK untuk melaksanakan pemeriksaan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengungkapkan, tercapainya predikat tertinggi itu merupakan hasil upaya jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang dan dukungan penuh DPRD Sumedang.

“Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah SWT, hari ini telah disampaikan laporan hasil pemeriksaan BPK atas LKPD 2018 dengan opini tertinggi WTP. Terima kasih kepada pihak yang sudah berkontribusi, Sekda Sumedang, BPKA dan Inspektorat beserta SKPD yang ada,” ungkapnya, didampingi Sekda Sumedang Herman Suryatman, Kepala Inspektorat Sumedang Subagio dan Unsur Pimpinan DPRD Sumedang Jajang Heryana AMD.

Selain itu, Dony juga menyampaikan terima kasih kepada DPRD Sumedang yang telah mendukung penuh proses LKPD tersebut. Yang mana kata Dony, opini WTP menjadi motivasi bagi Pemkab Sumedang untuk terus meningkatkan kualitas LKPD.

“Khusus DPRD Sumedang yang terus mensupport sehingga laporan keuangan ini mendapat opini WTP. Opini ini tentunya menjadikan sebuah motivasi bagi Pemkab Sumedang untuk terus mempertahankannya, menjaganya terlebih lagi dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat saat ini,” ucapnya.

Sementara, Unsur Pimpinan DPRD Sumedang Jajang Heryana AMD menuturkan, pihaknya berharap agar predikat tersebut dapat dipertahankan sehingga memberikan perubahan bagj Kabupaten Sumedang dalam berbagai bidang.

“Selamat kepada Pemkab Sumedang. Apa yang didapat hari ini semoga dapat dipertahankan pada tahun-tahun ke depan. Sehingga Sumedang dapat meningkatkan kemajuan dalam berbagai bidang.”

“Selain itu, Mudah-mudahan DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat juga dapat menjaga prestasi tersebut dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya. humpro dprd