Wonogiri Lirik PSC 119 Sumedang

DPRD SUMEDANG – Komisi III DPRD Kabupaten Sumedang menerima kunjungan kerja studi komprasi dari IV DPRD Kabupaten Wonogiri, Jumat (8/2/2019). Rombongan kunker diterima jajaran Komisi III dan Dinas Kesehatan Sumedang, di Ruang Paripurna DPRD Sumedang.

Wakil Ketua DPRD Wonogiri Basriyono mengatakan, tujuan kunker tersebut untuk mencari informasi terkait penyelenggaraan ketenagakerjaan seperti tata cara penyelenggaran keikutsertaan karyawan dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan kesehatan di Kota Tahu.

“Maksud dan tujuan kami dalam rangka studi komprasi. Kami mendapatkan informasi yang berharga terkait ketenagakerjaan dan kesehatan,” ujarnya.

Basriyono menuturkan, terdapat satu program yang dimiliki Kabupaten Sumedang yang dinilai bagus. Sehingga pihaknya tertarik untuk menerapkan program tersebut di Wonogiri, yaitu, program Layad Rawat dan Public Safety Center (PSC) 119 yang merupakan bagian dari program bagian dari program SPGDT (Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu).

“Di bidang kesehatan kami mendapatkan satu yang  mungkin nanti akan kami terapkan di Kabupaten Wonogiri. Berekenaan sengan upaya Dinkes dan RSUD yang hadir di rumah pasien jemput bola. Yang saat ini di Wonogiri belum dilakukan. Dan ketenagakerjaan adanya retribusi tenaga asing,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Basriyono,saat ini baru ada Puskesmas tiga rawat inap di Wonogiri, sehingga menjadi kendala dalam menangani masyarakay yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan segera.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinkes Sumedang Emay Kusmayati menuturkan, saat ini ada 15 puskesmas rawat inap.

Selain itu, Emay mengungkapkan, PSC 119 merupakan layanan kunjungan layanan medis kepada masyarakat/pasien secara langsung ke kediamannya agar pasien tersebut dapat segera ditangani. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • Admin
    04 Feb 2020

    Silahkan isi formulir untuk Komentar!