Punya Peranan Penting, Agung Gundara Motivasi Petugas Pos PSBB Desa Haurkuning

DPRD SUMEDANG -- Berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona dilakukan berbagai pihak. Mulai dari tingkat Pemerintah Pusat hingga ke tingkat desa di Kabupaten Sumedang.

Sejumlah pos-pos didirikan di tiap desa dalam masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang dijaga oleh petugas dan relawan dari berbagai lapisan masyarakat.


Anggota DPRD Sumedang Daerah Pemilihan III Agung Gundara mengatakan, Pos PSBB di tingkat desa memiliki memiliki peranan yang cukup penting. Yang mana dapat memantau aktivitas warga desa maupun luar desa yang keluar masuk wilayah desa tersebut.

"Pos jaga ini memiliki peranan penting, untuk memantau keluar masuknya warga desa maupun warga luar desa," ujarnya saat mengunjungi Pos PSBB Desa Haurkuning dalam kegiatan Pengawasan dan Monitoring PSBB Tahap Dua DPRD Sumedang bersama anggota lainnya, Deni Agus Setiawan, Jumat (8/5/2020).


Selain itu, baik petugas yang bertugas di pos maupun di kantor desa harus menghimpun data berapa banyak warga desa yang sedang merantau di luar daerah.

Maka dari itu, kata Agung, petugas pos harus mempunyai pemahaman tentang berbagai hal mengenai Virus Corona dan upaya pencegahannya.

"Pemahaman dan kesadaran petugas pos harus ditingkatkan agar kinerja pos maksimal. Petugas harus berani tegas terhadap warga yang melintas," kata Anggota Dewan dari PKB itu.

Pada saat itu, Agung juga memberi motivasi agar petugas pos semangat menjalankan tugas di tengah berbagai keterbatasan.

"Harus semangat meskipun serba terbatas, ini demi masyarakat banyak. Insya Allah kami di DPRD akan mengusahakan yang terbaik," ungkapnya kepada sejumlah petugas pos.

Kemudian, Agung juga mengingatkan para petugas agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan berbagai unsur. Dan pelaksanaan PSBB tersebut harus sesuai dengan Peraturan Gubernur dan Bupati.

"Terapkan protokol kesehatan saat bertugas. (PSBB) Tidak mungkin berhasil manakala tidak ada kerjasama dari semua elemen. Pelaksanaan PSBB yang ke dua ini harus lebih tertib lagi dari PSBB pertama dalam segala halnya," tuturnya. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar