Jelang Masa AKB, DPRD Sumedang Pantau Sapras Prokes Terminal dan Pusat Perbelanjaan

DPRD SUMEDANG -- Menjelang masa pemberlakuan Adaptasi  Kebiasaan Baru (AKB), DPRD Kabupaten Sumedang melakukan pemantauan langsung kesiapan Terminal Ciakar, sejumlah hotel dan pusat perbelanjaan di Sumedang, Senin (1/6/2020).

Ketua DPRD Sumedang Irwansyah mengatakan, tujuannya, guna memastikan protokol kesehatan (prokes) AKB diterapkan di tempat-tempat publik tersebut.


Keterangan foto: IRWANSYAH cek sarana cuci tangan pola tempat duduk di Terminal Ciakar, Senin.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Sumedang akan menerapkan masa AKB yang akan dimulai pada Selasa 2 Juni 2020 mendatang, paskapemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebagai upaya mempercepat penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Corona.

Adapun yang menjadi sasaran pemantauan adalah kesiapan pengelola ruang publik tersebut dalam menyediakan sarana dan prasarana kesehatan, mulai dari tempat cuci tangan, cairan pencuci tangan (handsanitizer) dan pola penerapan jaga jarak/phisycal distancing pada kursi-kursi di ruang tunggu para penumpang dan alat pengukur suhu tubuh.

Kemudian, Irwansyah juga mengimbau, agar para petugas terminal Tipe A tersebut menyesuaikan pola bertugas dalam masa pandemi, dengan menerapakan prokes AKB saat melayani pengunjung. Seperti memakai masker, menjaga jarak satu sama lain selam pandemi berlangsung dan memeriksa suhu tubuh masing-masing.

"Saya berharap para petugas menerapkan kebiasaan baru ini," ujarnya.



Keterangan foto: Irwansyah memberikan imbauan kepada pengelola pusta perbelanjaan, Senin.

Sementara itu, di pusta perbelanjaan, Irwansyah mengingatkan agar para petugas Covid-19 setempat meningkatkan kewaspadaan terhapap pengunjung. Dan jika menemukan pengunjung dengan suhu tinggi di atas 38 derajat, agar segera melapor ke pusat layanan darurat 119 atau ke petugas medis terdekat.

"Dan saya harap keboasaan ini diterapkan selama pandemi berlangsung, Sumedang sampai saat ini belum aman 100persen," ungkapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Perhubungan Sumedang Widodo Heru Prasetyawan, Asisten Pembangunan Setda Sumedang, Hilman Taufik dan dan jajaran Setwan DPRD. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • Admin
    01 Jun 2020

    Silahkan isi formulir untuk Komentar!