Dudi Dorong Pemkab Fasilitasi Kepulangan PMI Asal Sumedang yang Lumpuh di Malaysia

DPRD SUMEDANG -- Atin Permana, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Dusun Cikaraha RT 03/04, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, mengalami lumpuh setelah menderita sakit stroke selama 8 bulan di Malaysia.

Kabar tersebut mengundang keprihatinan Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PAN Dr. H. Dudi Supardi, S.T, M.M.

Setelah mendengar kabar tersebut, Dudi langsung menelusuri kebenaran informasi tersebut.

Dudi mengatakan, saat ini kondisinya memprihatinkan, Atin harus menjalani hari-harinya dalam kelumpuhan tanpa kehadiran keluarga, hanya diurus oleh teman-temannya sesama di Kuala Lumpur.

Atin berangkat ke Malaysia pada 2019 lalu sepulang dari Brunei Darussalam. Namun, diketahui keberangkatannya ke Malaysia sebagai PMI ilegal.

"Hasil penelusuran kemarin, Atin TKI berangkat tanpa sepengetahuan ibunya karena dibawa sponsor, tapi tidak tahu orangnya ataupun nomor teleponnya," ujar Ketua Fraksi PAN tersebut.

Meski tergolong TKI ilegal, Namun Dudi menegaskan, Atin mesti ditolong agar dapat kembali pulang ke Sumedang dan segera diobati. Dudi menekankan agar Pemerintah Kabupaten Sumedang agar dapat memfasilitasi kepulangan TKI yang tidak berdaya tersebut.

"Meskipun dia TKW ilegal, tetapi karena dia warga Sumedang, maka Pemda harus memfasilitasi pemulangannya, apalagi dalam kondisi stroke dan di Malaysia tidak ada yang ngurus kecuali teman-teman sesama TKW," ungkapnya.

Dudi menuturkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) Ujungjaya, Atin pergi ke Malaysia meninggalkan keluarganya di Sumedang yang hanya terdiri dari dua orang. Yaitu, ibu kandung dan anak perempuannya yang masih duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar.

Ayah Atin sudah meninggal dan dirinya sudah tidak mempunyai suami karena cerai. Keadaan Keluarga Atin di Sumedang sangat memprihatinkan, dikarenakan tidak mempunyai rumah, mereka terpaksa harus tinggal di Saung Persemaian Perhutani di Dusun setempat. Hal itu dilakukan karena sang ibu bekerja di Persemaian tersebut alakadarnya. humpro

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • saffronviet
    2020-08-27 14:12:54
    Saffron có gây ra tác dụng phụ không? Anchor_Text saffron Image_Comment Ý KIẾN CỦA KHÁCH HÀNG