DPRD-Pemkab Sumedang Terima Kunjungan Roadshow Kanwil Hukham Jabar

DPRD SUMEDANG – Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra dan Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak, di Gedung Negara Sumedang, Senin (17/2/2020).

Pada kegiatan tersebut turut hadir Asisten Pemerintahan Teddy Mulyono, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Sumedang Ujang Sutisna dan sejumlah pejabat lainnya.

Liberti Sitinjak mengungkapkan kunjungan tersebut merupakan Roadshow ke-27 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk menemui para Bupati, Walikota dan Ketua DPRD terkait dikeluarkannya UU No.15 Tahun 2019 tentang Perubahan UU No. 12 Tahun 2011 mengenai Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Dalam Undang-undang tersebut dijelaskan secara eksplisit bahwa kebijakan daerah yang berasal dari Kepala Daerah harus diharmonisasikan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM terutama oleh Tenaga Penyusun Perancang Perundang-undangan.

Dalam kaitan itu, Kakanwil mengundang dan meminta kesediaan Bupati dan Ketua DPRD untuk hadir secara langsung pada pertemuan dengan seluruh Kepala Daerah, Ketua DPRD dan Kepala Biro Hukum Pemerintah Daerah di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang rencananya akan digelar di Intercontinental Bandung pada 27 Februari 2020 mendatang.


"Saya sebagai Kakanwil Hukum dan HAM Jawa Barat bersama Kakanwil di 33 Provinsi se-Indonesia melakukan gerakan sama untuk kita bertemu tanggal 27 Februari ini. Insya Allah akan dihadiri oleh dua Menteri yaitu Menhukham dan Mendagri. Di samping 2 keynote setingkat menteri, ada 3 Dirjen yaitu Dirjen Peraturan Perundang Undangan, BPHN dan Dirjen HAM," ungkapnya.

Liberti mengatakan, hal tersebut dipandang perlu karena dibutuhkan sebuah sinergitas dan kolaborasi yang baik antara pemerintah atau G to G (Government to Government). Menurutnya, kehadiran Kakanwil sebagai institusi vertikal bisa membantu pimpinan daerah terutama yang erat kaitannya menyangkut tugas dan Fungsi Kakanwil.

"Sejalan dengan UU 15 Tahun 2019 kita sudah membuat unit baru yang disebut Law and Center Human Right yang siapmemfasilitasi baik Pemda maupun DPRD di dalam perancangan Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati (Perbup), Peraturan Walikota maupun Gubernur. Ini langkah awal kita agar ke depan lebih intens melakukan koordinasi dalam rangka membantu melahirkan Perda atau Peraturan Bupati," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkapkan terima kasih atas Kehadiran Kakanwil yang menyampaikan kebijakan terbaru yakni Undang-undang Nomor 15 Tahun 2019 juga mengundang langsung acara yang akan digelar.

"Kita tentunya berupaya hadir karena bagi kami merupakan kebutuhan untuk bisa mengetahui lebih lanjut berkaitan kebijakan terbaru dan harus adanya kesamaan visi dan persepsi diantara penyelenggara negara terutama penyelenggara pemerintahan," ungkap Bupati. .

Menurutnya, sebagai bagian dari pemerintahan, kehadiran Pemkab diharapkan bisa meyukseskan program pemerintah terlebih yang erat kaitannya dengan hukum walaupun kewenangannya ada di pusat. .

Dengan adanya kesamaan Visi dan persepsi Hukham dan Mendagri, kata Bupati, hal tersebut akan menambah referensi Pemerintah Daerah terutama dalam menjawab aspiran yang datang ke DPRD atau ke Pemerintah Daerah. . .

Kaitan penyusunan Peraturan Daerah, secara khusus Bupati melaporkan bahwa hubungan Pemerintah Daerah dan DPRD sangat sinergis. Dikatakannya, semua dilakukan demi kepentingan rakyat karena Pemda dan DPRD sebagai instrumen untuk mensejahterakan masyarakat. .


"Alhamdulillah di Sumedang sudah sangat sinergis dan harmonis dalam menyusun peraturan daerah. Tahun ini kami sudah mengusulkan 10 Program Pembentukan Peraturan Daerah ke DPRD. Jadi sepanjang sesuai ketentuan dan mekanisme yang berlaku di Sumedang, semuanya berjalan lancar," pungkasnya.

BERI KOMENTAR

Silahkan isi formulir untuk Komentar!

Komentar

  • free credit reports
    2020-11-06 01:10:25
    Hi there, its fastidious paragraph regarding media print, we all understand media is a great source of facts. free credit reports
  • Free Credit Score
    2020-11-07 06:10:31
    Hi, I would like to subscribe for this web site to get most recent updates, so where can i do it please help. Free Credit Score
  • free credit score check
    2020-11-07 11:49:24
    I'm impressed, I have to admit. Seldom do I come across a blog that's both equally educative and entertaining, and without a doubt, you have hit the nail on the head. The problem is something not enough folks are speaking intelligently about. I'm very happy I found this in my hunt for something concerning this. free credit score check
  • experian credit score
    2020-11-10 22:55:42
    Wonderful blog you have here but I was curious if you knew of any discussion boards that cover the same topics talked about in this article? I'd really love to be a part of group where I can get suggestions from other experienced individuals that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Appreciate it! experian credit score
  • Credit karma
    2020-11-13 04:37:39
    Awesome article. Credit karma
  • average credit score
    2020-11-13 15:03:00
    It's amazing to pay a quick visit this web page and reading the views of all colleagues concerning this piece of writing, while I am also zealous of getting familiarity. average credit score
  • credit sesame
    2020-11-18 01:43:32
    My family members all the time say that I am wasting my time here at web, however I know I am getting familiarity everyday by reading such fastidious articles. credit sesame
  • how to check your credit score
    2020-11-19 21:19:46
    Hello There. I found your blog the use of msn. That is an extremely neatly written article. I will be sure to bookmark it and come back to read extra of your useful information. Thanks for the post. I will definitely comeback. how to check your credit score
  • credit report free
    2020-11-22 22:08:37
    You really make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be actually something that I think I would never understand. It seems too complicated and extremely broad for me. I am looking forward for your next post, I will try to get the hang of it! credit report free